• SMP NEGERI 5 WATES
  • Bina Taruna Adiwiyata

Bank Soal Prakarya Kelas 7, 8 dan 9

Soal Prakarya Kelas 7

1. Pengertian dari serat alam adalah
a. bahan yang berupa serpihan yang utuh 
b. bahan berupa partikel yang utuh 
c. bahan yang sering berkesinambungan secara utuh 
d. bahan berupa potongan potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh

2. Rami dan flax merupakan serat hasil dari 
a. biji
b. batang
c. daun 
d. buah

3. Berikut ini yang termasuk bahan serat alam dari tumbuhan adalah…..
a. serat dari biji,serat buah, serat filament, dan serat dari staple
b. serat staple, serat filament, serat akar, dan serat dari bunga
c. serat dari biji, serat dari batang, serat dari daun, dan serat dari buah 
d. serat dari akar, serat dari buah, serat dari daun, dan serat dari bunga

4. Serat alam yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian adalah 
a. daun pandan 
b. eceng gondok
c. kapas
d. serat pelepah pisang

5. Serat alam terbagi kedalam 3 kelompok besar.
dibawah ini yang tidak termasuk ke dalamnya adalah….
a. mineral 
b. sampah 
c. tumbuhan
d. hewan

6. Dibawah ini serat yang berasal dari buah adalah 
a. serat apel
b. serat jambu
c. serat jeruk 
d. serat kelapa

7. Berikut ini yang merupakan pengolahan bahan serat alam adalah 
a. pemintalan, penenunan, pencelupan warna, dan penggulungan benang 
b. pemintalan, memberikan warna, penggulungan , serta penenunan benang.
c. pemintalan, penggulungan, penenunan benang menjadi kain, dan pemberian warna 
d. pemintalan, menggulung, pencelupan warna, dan penenunan benang

8. Proses pembuatan benang dengan memilih dan menjalin secara bersama serat serat tumbuhan atau hewan disebut…..
a. penggulungan 
b. pemintalan 
c. pencelupan
d. penenunan

9. Dalam membuat produk kita per;u memperhatikan keselamatan dalam bekerja, diantaranya…
a. tidak berhati hati dalam menggunakan alat kerja 
b. mengganggu pekerja yang lain saat bekerja 
c. bergurau ketika melakukan tugas atau pekerjaan 
d. menggunakan berbagai alat kerja dengan benar

10. Sikap yang harus dikembangkan dalam mengerjakan karya kerajinan serat adalah 
a. keras kepala dan disiplin 
b. pelit dan kreatif 
c. mandiri,kreatif, disiplin, dan pantang menyerah 
d. terburu buru dan mandiri

==================================================================

Soal Prakarya Kelas 8

1.Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah disebut dengan limbah....

domestik
organik
anorganik
buatan

2.Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menemukan jenis bahan limbah keras organik yang bisa dijadikan sebuah karya kerajinan, diantaranya adalah.....

cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, pecahan kaca, tempurung kelapa, dan potongan kayu.
cangkang kerang laut, tulang sapi, pecahan kaca, sisik ikan, pecahan keramik, dan potongan kayu.
cangkang kerang laut, tulang sapi, tulang ikan, sisik ikan, pecahan batu, dan potongan kayu.

3.Jenis dan karakteristik limbah keras dapat dibedakan menjadi dua bagian diantaranya adalah....

limbah keras organik dan buatan
limbah keras domestik dan buatan
limbah keras organik dan anorganik
limbah keras padat dan buatan

4. Sebuah produk kerajinan akan kelihatan menarik apabila kita memberikan warna dengan cara disemprot atau di kuas dengan menggunakan cat. Pengolahan tersebut merupakan proses dari....

pembersihan limbah
pengeringan
pewarnaan
pengeringan setelah pewarnaan

5. Leli mendapatkan tugas dari gurunya untuk membuat sebuah karya kerajinan dari bahan limbah keras organik. Leli menyadari bahwa dirinya terlahir di kota Indramayu yang merupakan daerah dekat pesisir pantai, tentunya banyak sekali bahan kerajinan seperti cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan. Leli ingin membuat sebuah kerajinan dari cangkang kerang untuk dijadikan sebuah gantungan kunci berbentuk boneka, peralatan apa saja yang harus dipersiapkan Leli untuk membuat kerajinan dari cangkang kerang tersebut....

amplas, gergaji, lem tembak, dan gerinda
amplas, kikir, lem tembak, dan kertas
amplas, paku, lem tembak, dan gerinda
amplas, kikir, lem tembak, dan gerinda

6. Poi dan temen-temannya mendapatkan tugas kelompok dari gurunya untuk membuat aksesori seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras. Untuk membuat kerajinan tersebut Poi dan teman-temanya harus menyiapkan bahan limbah keras dari....

sisik ikan
cangkang kerang
pelepah pisang
tempurung kelapa

7. Perairan Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, terutama ikan. Dari produk ikan, dihasilkan limbah yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan. Limbah yang diambil dari ikan untuk membuat suatu karya kerajinan biasanya adalah....

sisik dan ekor
tulang dan ekor
sisik dan daging
tulang dan sisik

8. Sentuhan akhir dari sebuah proses pembuatan produk kerajinan agar bisa terlihat lebih bagus dan indah harus ada....

pewarnaan
kemasan
hiasan
teknik pembuatan

9. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa cukup mudah untuk didapatkan, adapun bahan-bahan tersebut yaitu....

lem baja, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
lem alteko, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat
lem kayu, tempurung kelapa, pisau, melanin/politur, amplas, dan cat
lem kayu, tempurung kelapa, dempul, melanin/politur, amplas, dan cat

10. Indonesia tergolong negara maritim karena dikelilingi oleh lautan sehingga pohon kelapa dapat dengan mudah dijumpai. Adapun propinsi yang banyak menghasilkan kerajinan dari tempurung kelapa adalah....

Aceh
Jawa Timur
Sulawesi Utara
Bandung

 

==================================================================

Soal Prakarya Kelas 9

  1. Yang dimaksud dengan kerajinan adalah…
    a. Suatu seni yang dibuat manusia yang menghasilkan karya yang indah
    b. Bagian seni yang dibuatmanusia yang dapatdijual
    c. Seni rupa yang memiliki keindahan
    d. Seni yang dirancang untuk tujuan-tujuan tertentu
  2.  Ada beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai kerajinan, seperti…
    a. Bahan alam,buatan,dan limbah organik
    b. Bahan limbah organik dan limbah anorganik
    c. Bahan alam dan organik
    d. Bahan alam,buatan, limbah organik dan limbah anorganik
  3. Dalam mendesain pembuatan kerajinan perlumemahami estetika yang artinya…
    a. Ilmu seni                 c. Ilmu keindahan
    b. Kebutuhan               d. Gagasan
  4. Yang dimaksud dengan limbah adalah...
    a. Sisa proses produksi bahan yang tidak mempunyai nilai atau bahkan tidak
    berharga lagi
    b. Barang yang bisa didaur ulangmenjadi kerajinan
    c. Barang yang bisa dipakai kembali
    d. Barang yang masihmemiliki nilai gunameski sudah dipakai
  5. Limbah industri adalah limbah yang dikelompokkan berdasarkan…
    a. Sumbernya              c. Wujudnya
    b. Senyawanya            d. Asalnya
  6. Perhatikan contoh limbah dibawah ini...
    1) Kulit jagung
    2) Kaleng3) Kardus
    4) Kayu
    5) Rotan
    6) Tanah liat
    7) Kertas
    Berdasarkan data diatas yang termasuk dalamlimbah organik adalah...
    a. 1, 3 dan 7                c. 1,4 dan 5
    b. 1,4 dan 7                 d. 2,3 dan 6
  7. Jenis bahan yang berwujud padat, yang sangat sulitdan bahkan tidak dapat
    diuraikan atau sulitdiuraikan adalah...
    a. Bahan alam             c. Bahan Limbah Anorganik
    b. Bahan buatan          d. Bahan LimbahOrganik
  8. Bahan yang terdiri atas kandungan bahan yang lentur dan mudah
    dibentuk dan diolah dengan cara sederhana adalah...
    a. Bahan alam            c. Bahan LimbahOrganik
    b. Bahan buatan         d. Bahan Limbah Anorganik
  9. Kertas adalah ternasuk limbah organik…
    a. Tidak bisa diuraikan c. Basah
    b. Bisa iuraikan            d. Kering
  10. Kulit buah dan sayur disebut limbah organik karena…
    a. Mudah diuraikan atau mudah membusuk
    b. Bisa dipakai pupuk untukmenyuburkan tanaman
    c. Bahan yang mudah terbuang
    d. Dapat dimanfaatkan sebagai pupuk

Komentar

Terimakasih

Bagus sekali

Susah banget

Makasih ya bagus banget tapi boong

terima kasih

Yang komen kekontol gk ngehargai orang bikin soal kontolll

Lu asik bang

P cari lawan keras yg sepadan

Ini kok yg kelas 9 nya GK sama kek yg gwe pelajari di Mts??!!!???!?

Tutor deck

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMILIHAN KETUA ANGKATAN SISWA KELAS VII

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu proyek dalam serangkaian kurikulum merdeka. SMP N 5 Wates melaksanakan proyek pertama dengan mengambil tema Suara Dem

24/11/2022 11:17 WIB - Administrator
Pembelajaran di SMP N 5 Wates, Pasca Pandemi

  Setelah hampir dua tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring dan perpaduan tatap muka walau tidak penuh satu kelas, mulai tahun pelajaran 2022/2023 ini kegiatan su

17/11/2022 13:57 WIB - Administrator
DATA GURU DAN KARYAWAN SMP NEGERI 5 WATES

  Mata pelajaran Nama Guru Wali kelas Tugas tambahan   Boidi, S.Pd.   Kepala Sekolah Agama Islam  Nuryatini, S.Ag.  9A  

09/07/2021 20:49 WIB - Administrator
BUDAYA BEROLAHRAGA DAN PENCEGAHAN PENYAKIT KATASTROPIK

BUDAYA BEROLAHRAGA DAN PENCEGAHAN PENYAKIT KATASTROPIK Oleh: Paiman SMP NEGERI 5 WATES   Abstrak Kesejahteraan masyarakat Indonesia telah mengalami kemajuan yang  memuaskan. P

29/01/2021 10:08 WIB - Administrator
MEWASPADAI PENYAKIT DIABETES MELITUS BAGI REMAJA

MEWASPADAI PENYAKIT DIABETES MELITUS BAGI REMAJA Oleh: Paiman, M.Or. SMP NEGERI 5 WATES   Abstraks Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang hingga tahun 2030 mengalami bonu

25/01/2021 08:49 WIB - Administrator
KARAKTER GURU PENJASORKES DAN EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH

GURU PENJASORKES YANG BERKARAKTER DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA Oleh: Paiman, S.Pd., M.Or.SMP Negeri 5 Wates, Kulon Progo   Abstrak Karakter adalah sifat khas

05/01/2021 08:07 WIB - Administrator
SMP N 5 Wates Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan HT

smpn5wates.sch.id- Pandemi Covid-19 cukup membuat dampak yang besar khususnya di sektor pendidikan. Pasalnya, kurang lebih 5 bulan terakhir siswa terpaksa melakukan sekolah secara dalam

31/08/2020 10:44 WIB - Administrator
Info PPDB SMP Negeri 5 Wates

1). Penetapan zonasi PPDB SMP (Download) 2). Edaran PPDB 2020/2021 3). Sosialisasi PPDB SMP 4). Formulir PPDB SMP5 Wates 5). Flayer PPDB 

08/06/2020 14:14 WIB - Administrator
16 Protokol Cegah Corona di Sekolah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim

smpn5wates.go.id- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan protokol umum pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di lingkungan sekolah maupun perguruan t

19/03/2020 09:30 WIB - Administrator
AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan SK (Survey Karakter) Guru SMP N 5 Wates

Rabu, 4 Maret 2020 Bapak / Ibu guru di SMP N 5 Wates mengadakan simulasi AKM dan SK. Kegiatan simulasi ini diikuti oleh semua guru mata pelajaran yang bertujuan untuk mengenalkan kepada

19/03/2020 07:44 WIB - Administrator